Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi Dengan Tepat Dan Aman

Perut kembung pada bayi bukan merupakan penyakit yang membahayakan untuk bayi. Tapi jika cepat diatasi maka dapat membuat bayi merasa tidak nyaman dan rewel. Perut kembung pada bayi dapat disebabkan karena beberapa faktor. Seperti terlalu banyak udara yang masuk ke dalam tubuh bayi, atau karena masalah pada sistem pencernaan bayi yang menyebabkan gas dalam perut bayi menumpuk. Selain rewel, bayi biasanya juga biasanya menunjukkan hal lainnya ketika tengah mengalami perut kembung seperti bersendawa, perut bayi terasa keras, dan sering kentut. Selain menunjukkan tanda-tanda diatas bayi juga bisa menunjukkan tanda-tanda lainnya. Untuk mengatasi masalah perut kembung pada bayi, berikut cara mengatasi perut kembung pada bayi dengan tepat dan aman.

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang pertama yaitu memerhatikan posisi bayi ketika tengah disusui. Perut kembung pada bayi dapat disebabkan karena pemberian ASI. Cara yang kedua yaitu penggunaan dot. Penggunaan dot yang benar bagi bayi yang tengah meminum susu formula juga mempengaruhi bayi mengalami perut kembung. Posisi dot yang benar adalah memastikan jika tidak ada gelembung udara di dot ketika dot digunakan bayi untuk minum susu. Cara lainnya yaitu dengan memberikan bayi susu formula khusus. Zaman sekarang ini sudah banyak susu formula yang berguna untuk mengurangi perut kembung pada bayi. Cara yang selanjutnya yaitu memandikan bayi di air hangat. Perut kembung dapat disebabkan karena bayi kedinginan dan masuk angin. Memandikan bayi dengan air hangat bisa menjadi salah satu cara yang mudah untuk mengatasi bayi yang tengah mengalami perut kembung.

Meski perut kembung pada bayi bukan merupakan penyakit yang membahayakan namun hal ini akan menjadi membahayakan jika didiamkan terus menerus dan tidak segara dilakukan penanganan khusus. Ibu seharusnya lebih memerhatikan kondisi bayinya untuk mencegah bayi mengalami masalah kesehatan. Cara mengatasi perut kembung pada bayi lainnya yaitu dengan mengoleskan minyak telon pada tubuh bayi. hal ini sebaiknya dilakukan setelah bayi selesai dimandikan. Penggunaan minyak telon bertujuan agar bayi selalu hangat. Penggunaan minyak telon bisa dilakukan dengan cara mengoleskan minyak telon ke perut dan punggung bayi secara merata dan sambil melakukan pemijatan. Bagian tubuh lain yang bisa diberi minyak telon untuk menjaga agar tubuh bayi tetap hangat yaitu telapak kaki dan tangan.

Salah satu jenis minyak telon sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi yaitu minyak telon Zwitsal. Minyak telon dengan aroma khas Zwitsal dapat membantu ibu mengatasi perut kembung pada bayi. Minyak telon ini dapat memberikan kehangatan bagi bayi, akan membuat bayi merasa nyaman sepanjang hari. Minyak telon ini juga teruji aman untuk kulit bayi yang sensitif.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s