Nutrisi Ibu Hamil Yang Baik Untuk Pertumbuhan Otak Janin

Kehamilan tentunya merupakan sebuah anugerah yang luar biasa dan pastinya sangat membahagiakan untuk ibu, ayah dan juga keluaraga. Sehingga tak heran jika ibu pun selalu mempersiapkan hal terbaik untuk janin yang dikandungnya. Mulai dari persiapan untuk kelahiran seperti mempersiapkan perlengkapan perawatan bayi yang terbaik. Persiapan untuk perawatan kulit si kecil, ibu bisa memilih Zwitsal yang semua produknya memang sudah diformulasikan khusus untuk kulit bayi dan bahkan juga rangkaian produk Zwitsal Baby telah teruji oleh Hypo Allergenic.

Lain dari hal itu, sementara untuk mempersiapkan dalam hal kesehatan, ibu hamil jelas juga tak boleh ketinggalan untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi harian selama masa kehamilan. Nutrisi untuk ibu hamil penting untuk dipenuhi dengan tujuan tak lain adalah untuk menjaga kesehatan ibu sendiri dan juga janin yang dikandung. Sumber makanan yang kaya akan zat gizi penting untuk ibu hamil akan menunjang dalam tumbuh kembang si kecil, dan bahkan beberapa nutrisi sangat baik untuk otak janin. Nah, berbicara soal hal tersebut, nutrisi untuk ibu hamil yang baik untuk pertumbuhan otak janin beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Asam Lemak Omega 3

Asam lemak tersebut sangat penting dalam membantu pembentukan pembungkus saraf. Omega 3 sangat penting untuk kesehatan, dan bahkan kerap kali disebut-sebut sebagai asam lemak yang paling penting diantara asam lemak yang lain. Pasalnya, omega 3 punya efek anti radang serta anti penggumpalan darah. Sebuah penelitian juga menghasilkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan motorik serta kognitif bayi dari ibu yang mencukupi nutrisi untuk ibu hamil berupa omega 3 ini. Sumber omega 3 bisa dijumpai pada ikan salmon atau kacang walnut, maupun sayuran berdaun hijau.

2. AA dan DHA

AA alias Arachidonic Acid dan DHA alias Docosahexanoid Acid merupakan nutrisi penting lainnya yang diperlukan oleh ibu hamil untuk menunjang perkembangan otak buah hati yang dikandung. AA dan DHA termasuk dalam golongan zat gizi yang merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh dan harus diperoleh dari luar tubuh.

3. Protein

Protein bukan hanya sebagai sumber energi saja, namun juga bermanfaat untuk pembentukan sel otak janin. Sumber protein bisa dengan mudah dijumpai pada aneka makanan sehat yang ada di sekitar kita. Seperti pada kacang-kacangan, kemudian daging yang rendah lemak, sampai dengan olahan kacang kedelai seperti tahu dan tempe.

4. Iodin

Iodin juga tidak ketinggalan menjadi bagian dari nutrisi untuk ibu hamil dalam menunjang perkembangan otak janin. Iodin terlebih berperan pada otak serta tulang belakang dan juga membantu dalam hal mencegah masalah keterbelkangan mental pada bayi.

5. Zat Besi

Sebagian besar dari kita kiranya memahami bahwa zat besi adalah zat gizi yang bermanfaat untuk meminimalisir ibu hamil mengalami anemia. Ternyata manfaatnya bukan cuman itu saja. Zat besi juga berperan untuk mengantarkan oksigen dari ibu ke janin yang ada di dalam kandungan. Janin yang kekurangan zat besi dapat mengakibatkan pasukan oksigen pun minim sehingga juga membuat resiko pun besar untuk terjadinya gangguan pada pertumbuhan serta IQ bayi yang rendah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s